NEWS

WEBINAR PERLINDUNGAN ANAK DI MASA NEW NORMAL

Kamis, 26 Juli 2020 Fakultas Hukum Universitas Semarang (FH USM) menyelenggarakan Webinar dalam rangka hari anak nasional yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2020 dengan menghadirkan 4 (empat) pemateri yaitu Drs. Muhamad Camuda, MH (Wakil Ketua Pengadilan Agma Semarang), D. Setya Wahyudi, S.H., M.H. (Akademisi FH Unsoed), Dr. Nur Rochaeti, S.H., M.Hum (Akademisi FH Undip), dan Dr. Ani Triwati, S.H., M.H. (Akademisi FH USM).

Dalam kesempatan tersebut turut serta Dekan FH USM B. Rini Heryanti, S.H., M.H. ketua Pelaksana Agus Saiful Abib, S.H., M.H. serta pada peserta yang mengikuti acara kegiatan webinar mencapai 135 orang berasal dari berbagai institusi dan perguruan tinggi di Indonesia. Dalam sambutammya Dekan FH USM B. Rini Heryanti menyampaikan pentingnya perlindungan hukum anak sebagai generasi penerus bangsa di tengah pandemi Covid-19 dan di masa new normal guna tetap memberikan hak-hak kepada anak bari berbagai aspek mulai hukum, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan lain sebgainya.

Drs. Muhamad Camuda, M.H. mengkritisi banyaknya dispensasi nikah dan hak hadhonah (perwalian anak) yang tidak dimintakan oleh orang tuanya ketika bercerai dapat berdampak terhadap ketidak jelasan nasib anak mengenai perwaliannya. Sementara itu Dr. Setya Wahyudi, S.H., M.H. menitik beratkan kepada pengaruh tatanan new normal terhadap penegakan perlindungan anak dalam sistem peradilan pidana anak. Dr. Nur Rocheti, S.H., M.Hum. menyampaikan tantangan, perlindungan dan pemenuhan hak anak di masa new normal. sedangakan pemateri terakhir Dr. Ani Triwati, S.H., M.H. menyampaikan materi tentang perlindungan hukum bagi anak yang berkonflik dengan hukum dalam sistem peradilan pidana di masa new normal.


admin Fh | 07 August 2020