NEWS

BKBH USM IKUTI TRAINING KEAMANAN BAGI PEMBELA HAM

.Bertempat di Hotel Wimarion Semarang sebanyak 20 perwakilan lembaga/komunitas mengikuti Training keamanan bagi pembela HAM yang mana BKBH FH USM diwakili oleh Agus Saiful Abib, S.H., M.H. Acara yang diadakan selama 2 (dua) hari 12-13 November 2020 tersebut menitik beratkan pada bagaimana cara prefentid melindungi pada pembela HAM dari bertagai intimidasi yang dilakukan oleh berbagai pihak. Keamanan pembela HAM sngat rentan mengalami berbagai serangan beriringan dengan upaya untuk memperjuangan HAM maupun melindungi korban pelanggaran HAM.

Adapun materi yag disampaikan dalam kegiatan training keamanan bagi pembela HAM yaitu situasi HAM dan pembela HAM, Analisis lingkungan kerja, analisis risiko ancaman, insiden keamanan dan bagaimana cara menghadapinya , membangun sistem keamanan serta RTL. Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Semarang ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran individu dan lembaga, komunitas soal isu keamanan, adanya pemahaman bersama terkait keamanan di lingkungan kerja dan aktifitas, lembaga dan komunitas jaringan mampu menyusun mekanisme keamanan.

Keagiatan yang diselenggarakan ini memberikan beberapa kesimpulan diantaranya perlu dilakukannya SOP perlingungan diri mapun lembaga terkait kemanan bagi pembela HAM serta adanya pengamanan bagi data-data milik lembaga maupun pribadi pembela ham. acara tersebut ditutup tepat pada pukul 11.30 WIB. Diharapkan acara ini memberikan manfaat bagi pembela HAM di Jawa Tengah tutur Nico Wauran perwakilan dari LBH Semarang.


admin Fh | 14 November 2020