NEWS

MAHASISWA FAKULTAS HUKUM USM MENIMBA ILMU DI KEJAKSAAN AGUNG DAN MAHKAMAH KONSTITUSI

Kamis, 20/2/2020 sebanyak 48 peserta dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Semarang melakukan kunjungan ke Kejaksaan Agung dan Mahkamah Konstitusi. Kegiata ini merupakan sarana untuk meningkatkan keunggulan dalam bidang sumberdaya manusia khususnya bagi dosen dan mahasiswa mengenai tugas pokok Kejaksaan dan MK sekaligus mengetahui tantangan, harapan, serta pengembangan,Kejaksaan Agung dan MK  kedepannya.

Pada kunjungan pertama rombongan diterima oleh kepala Pusat Penengenerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiono yang sekaligus memberikan materi pengantar tentang kejaksaan  dan memberikan contoh perkara besar besar yang saat ini ditangani oleh Kejaksaan Agung RI. Selanjutnya mahasiswa diajak untuk berkeliling gedung bundar Kejaksaan Agung untuk bertemu dengan Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Dr. Asep N Mulyana, S.H., M.H. yang memberikan materi tentang kerjasama Kejaksaan Agung denga kejaksaan di luar negeri dalam menanggulangi tindak pidana transnational crime. Pada kesempatan tersebut Kaprodi S1 Ilmu Hukum Dr. Amri Panahatan Sihotang, S.S., S.H., M.Hum. menyampaikan terima kasih atas diterimanya rombongan dosen dan mahasiswa di Kejaksaan Agung, semoga transfer ilmu yang diberika akan menambah khasanah keilmuan bagi dosen dan mahasiswa.

Kunjungan selanjutnya rombongan di terima Mahkamah Konstitusi yang membawakan materi tentang sejarah MK sebagai lembaga pengawal konstitusi. Dalam kesempatan tersebut mahasiswa sangat antusias untuk mengetahui seluk beluk MK yang sangat berwibawa dalam menjaga warwah konstitusi. Banyak pertanyaan terlontar dari peserta tentang kemungkinan perselisihan hasil pemilihan kepala daerah tidak masuk kewenangan MK akan tetapi dibuat peradilan sendiri guna menyelesaikannya. Sesi tanya jawab tersebut merupakan akhir dari serangkaian kunjungan di MK ditutup dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama. 


admin Fh | 26 February 2020