NEWS

BKBH FH USM JAJAKI KERJASAMA DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN SEMARANG MENGENAI BANTUAN HUKUM SECARA CUMA-CUMA

.Semarang, 10 Mei 2021 bertempat di ruang rapat Bagian Hukum Setda Kabupaten Semarang BKBH FH USM beserta 4 Lembaga Bantuan Hukum (LBH) lain menjajaki kerja sama Pemberian bantuan hukum di wilayah Kabupaten Semarang sebagaimana diatur Perda Kabupaten Semarang No. 9 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum. Dalam kesempatan tersebut kepala bagian hukum Pemerintah Kabupaten Semarang menyampaikan gambarannya mengenai Perda Bantuan Hukum ini yang baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Semarang.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan tukar pendapat mengenai bantuan hukum yang tepat wagi warga miskin Kabupaten Semarang yaitu pemberian bantuan hukum secara litigasi dan non litigasi yang fokusnya terhadap perkara-perkara perdata dan pidana penyuluhan, pemberdayaan masyarakat, konsultasi, mediasi, pendampingan di luar pengadilan dll.

Beberapa hal telah disepakati bersama mengenai prosedur pemberian bantuan hukum dan ruang lingkup pemberian bantuan hukum bagi warga miskin di Kabupaten Semarang. Harapan pemberian bantuan hukum ini adala masyarakat yang memiliki permasalahan hukum dapat merasakan kehadiran negara dalam layanan pemberian bantuan hukum secra gratis.


admin Fh | 10 May 2021