KEGIATAN FAKULTAS

Fakultas Hukum Universitas Semarang (FH USM) Selenggarakan Seminar Nasional Anti Korupsi

Bertempat di Auditorium Ir Widjantmoko Universitas Semarang 10 April 2019 selenggarakan Seminar Nasional dengan tema Optimalisasi Penanggulangan Tindak Pidana Korupsi. Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri Prof. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. (Rektor Undip), Prof. Dr. Edward Omar Syarif Heariej, S.H., M.Hum (FH UGM), Prof. Dr. Muladi, S.H. (Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip), serta Laode M. Syarif, S.H., LL.M., Ph.D (Wakil Ketua KPK). acara tersebut merupakan wujud syukur atas diraihnya Akreditasi A pada Program Studi S1 Ilmu Hukum Universitas Semarang sekaligus memberikan sharing ilmu pengetahuan dalam bidang pemberantasan tindak pidana korupsi, tutur Andy Kridasusila, S.E., M.M. selaku Rektor USM.
Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. selaku Keynote Speaker menyatakan bahwa penanggulangan korupsi hanya bersifat trajectory yang bersifat itu itu saj, mengulang ulang treatment yang pada kenyataannya korupsi tetap saja terjadi. Oleh karena itu menurut Prof Yos penanggulangan tindak pidana korupsi dapat dilakukan melalui hukum adminisrasi. sementara itu menurut Prof. Dr. Edward Omar Syarif, S.H., M.Hum. menyatakan perlunya peningkatan koordinasi antara kepolisian, kejaksaan dan KPK agar penegakan hukum dapat berjalan dengan baik serta kewenangan penindkan korupsi hanya dapat dilakukan oleh KPK dengan syarat adanya kewenangan penerbitan SP3 oleh KPK.
Dalam Kesempatan tersebut Laode M Syarif, Kurikulum yang berkaitan dengan isu-isu korupsi akan lebih banyak dilaksanakan dengan meningkatkan kerjasama dengan Fakultas Hukum di seluruh Indonesia. dengan memperbaiki regulasi dan perilaku sehingga penanggulangan tindak pidana korupsi dapat berjalan secara optimal.


admin Fh | 14 April 2019