KEGIATAN FAKULTAS

DOSEN FH USM BERIKAN SEMANGAT NASIONALISME PADA SISWA SISWI SMA BLORA

.

Sejumlah siswa/siswi SMA, SMK, dan MA se Kecamatan Kunduran, Ngawen, Todanan dan Japah Kabupaten Blora mengikuti diskusi wawasan kebangsaan dan nasionalisme bagi pelajar di Kabupaten Blora Tahun 2019 yang mengangkat tema “Membangun Kembali Semangat Nasionalisme Pada Era Globalisasi”. Kegiatan tersebut dilaksanakan Kamis 14 Februari 2019 di gedung Aula SMA N 1 Ngawen Blora.

Tepat pukul 09.00 WIB acara dimulai dengan laporan ketua pelaksana Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang dalam hal ini diwakili oleh Mugito, SE. Dalam kesempatan tersebut Mugito, S.E. menyampaikan tentang mulai terkikisnya nasionalisme para pelajar di tengah maraknya arus globalisasi, oleh karena itu nasionalisme perlu dibangun kembali guna menghadapi tantangan jaman. Selain itu dia mengharapkan penyuluhan ini tidak berhenti pada sampai disini saja kana tetapi peserta yang hadir dapat menyampaikan ke keluarga saudara tetangga dan teman. Peserta yang adil dalam acara tersebut kurang lebih 100 siswa/siswi SMA/SMK/MA se Kecamatan Kunduran, Ngawen, Todanan dan Japah dengan didampingi oleh guru pendamping. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah SMA N 1 Ngawen Muhammad Ali Rozaq sekaligus membuka acara.

.Dalam acara tersebut hadir sebagai pemateri yaitu Mayor Kav Hyasintus Waleng, S.T. (Kasdam 0721/Blora)  membahas mengenai pentingnya semangat nasionalisme bagi generasi muda serta jauhi tindakan yang dapat merusak bangsa, oleh karenanya hindari perpecahan, adu domba, pemberitaan hoax/bohong di media sosial, narkoba, korupsi. Bangsa ini akan terus maju apabila semangat nasionalisme pemudanya tetap terjaga. Sementara itu Agus Saiful Abib, S.H., M.H. (Ketua BKBH FH USM) menyampaikan betapa pentingnya nasionalisme di era globalisasi 4.0. Dalam kesempatan itu dia menyampaikan nasionalisme semakin mendapatkan tantangan dari dalam maupun luar negeri. Globalisasi diapandang sebagai peluang, kesempatan maupun ancaman, oleh karenanya dalam era globalisasi kita harus pandai menyaring segala sesuatu yang berasal dari luar dan kita harus mampu memenangkan  kompetisi guna melakukan lompatan masa depan.


admin Fh | 26 February 2019