NEWS

KELOMPOK KAJIAN FHUSM KUNJUNGI KPPBC TMP TANJUNG EMAS

SEMARANG – Pada hari Senin (26/03/2018), Kelompok Kajian Fakultas Hukum Universitas Semarang (FHUSM), yakni Kelompok Kajian Hukum Perdata (KKHP) dan Kelompok Studi Hukum Pidana (KSHP) FHUSM adakan kunjungan ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas (KPPBC TMP Tanjung Emas) di Ruang Pendidikan Lt. 3 KPPBC TMP Tanjung Emas, Jalan Arteri Yos Sudarso No. 17 Semarang.
Ucapan terimakasih atas penerimaannya yang begitu luar biasa kepada KPPBC TMP Tanjung Emas. Mahiswa dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut dapa mengetahui secara real dan dapat berinterasi melalui tanya jawab dengan orang yang ahli di bidangnya mengenai bea cukai dan kepabeanan. Hal itulah mengapa KKHP dan KSHP FHUSM sepakat untuk belajar bersama di KPPBC TMP Tanjung Emas.
Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta. Namun, Kelompok Kajian FHUSM tetap memberikan ruang kepada mahasiswa umum untuk ikut berpartisipasi di dalamnya. Bagaimanapun juga Kelompok Kajian juga mengemban untuk memberdayakan mahasiswa. Termasuk dalam hal menambah pengetahuan dan kompetensi mahasiswa di bidang kepabeanan dan bea cukai.
Menurut Ester R. P., sekilas tentang tugas kepabeanan dan bea cukai adalah pengawasan terhadap barang yang masuk daerah pabean dan ke luar daerah pabean termasuk menghitung pajaknya.
“Istilah kepabeanan dan bea cukai jarang dikenal di kalangan masyarakat umum. Kebanyakan di antaranya tidak mengetahui tugas, peran, dan fungsinya. Tapi, pada pokoknya adalah semua barang yang masuk dan ke luar daerah pabean itu diatur, diawasi, dan ditindak lanjuti apabila telah melakukan kejahatan di bidang kepabeanan dan bea cukai,” kata Robiatul Adawiyah.
“Diharapkan dengan kegiatan ini, mahasiswa dapat semakin aktif dan partisipatif serta menambah wawasannya,” kata Fauziyyah ‘Ammar Rohmi.

Robiatul Adawiyah-KKHP FHUSM


admins | 04 October 2018