NEWS

FH USM MELAKUKAN PENYULUHAN HUKUM DI SMA N 2 MRANGGEN

Dalam rangka pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, FH USM (2/1) melakukan pengabdian di SMA N 2 Mranggen. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Dekan, Dhian Indah Astanti, S.H., M.H., dengan didampingi beberapa dosen dan mahasiswa. Pada kesempatan tersebut, rombongan FH diterima oleh Waka Humas SMA N 2 Mranggen, Rukani, S.Pd. dan Sonhaji, S.Pd. Menurut koordinator tim pengabdian FH USM, Muhammad Iftar Aryaputra, S.H., M.H., selain menjalankan agenda pengabdian kepada masyarakat yang rutin dilaksanakan setiap semester, kegiatan ini juga bermaksud menjalin silaturahmi dengan SMA N 2 Mranggen, harapannya dapat menjalin sinergi yang kuat antara FH dengan pihak sekolah.

Salah satu materi yang disampaikan oleh tim pengabdian adalah tentang UU ITE. Pemahaman terhadap UU ITE penting disampaikan kepada para pelajar, karena pelajar sebagai bagian dari generasi milineal tidak bisa lepas dari gawai dan media sosial. Dalam proses ini, terkadang ada batas-batas yang dilanggar, sehingga tidak jarang perbuatannya mengarah kepada suatu pelanggaran terhadap UU ITE.

Dalam pemaparannya, tim pengabdian menyampaikan bahwa pada prinsipnya, ada ruang bebas dalam berekspresi. Namun kebebasan itu ada batasannya. Dalam UU ITE, pembatasan yang dimaksud yaitu tidak boleh mengunggah konten yang melanggar kesusilaan, berisikan penghinaan/pencemaran nama baik, dan mengandung unsur kebohongan/dusta sehingga menimbulkan kerugian konsumen melanggar. Dengan demikian, kebebasan dalam berekspresi di media sosial adalah kebebasan yang tidak tak terbatas.

Dalam penutupnya, tim menyampaikan pesan kepada para pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut agar berhati-hati dalam mengunggah konten di media sosial. Karena bisa jadi, apa yang diunggah ke media sosial, termasuk dalam muatan yang dilarang dalam UU ITE.


admin Fh | 04 January 2019